Kamis, 07 Juni 2018

Pembuktianmelalui induksi

Pembuktian melalui induksi

Untuk artikel lain, lihat 

Pembuktian induktif, kadang-kadang disebut logika induktif, adalah proses pembuktian di mana suatu argumen diduga mendukung kesimpulan tetapi tidak bersinambungandengannya; contoh: mereka tidak menjamin kebenaran itu. Induksi adalah bentuk pembuktian yang membuat generalisasi berdasarkan pendapat sesorang.[1] Digunakan untuk menjelaskan properti atau relasi tipeberdasarkan sebuah pengamatan (contohnya, pada jumlah pengamatan atau pengalaman); atau untuk membuat hukum berdasarkan pengamatan terbatas dalam mempelajari alur fenomena. induksi ditetapkan, contohnya, dalam menggunakan preposisi spesifik seperti:

Es ini dingin. (atau: Semua es yang pernah kusentuh dingin.)Bola biliar bergerak ketika didorong tongkat. (atau: Dari seratus bola biliar yang didorong tongkat, semuanya bergerak.)

...untuk membedakan preposisi umum seperti:

Semua es dingin.Semua bola biliar bergerak ketika didorong tongkat.

Contoh lainnya adalah:

3+5=8 dan delapan adalah angka genap. Sebuah angka ganjil yang ditambahkan dengan angka ganjil lain akan menghasilkan angka genap.

Perlu diingat bahwa induksi matematikabukanlah bentuk pembuktian induktif. Induksi matematika adalah bentuk dari pembuktian deduktif.


ContohSunting

Induksi kuat:

  • Semua burung gagak yang kulihat berwarna hitam.

Induksi lemah:

  • Aku selalu menggantung gambar dengan paku.
  • Banyak denda mengebut diberikan pada remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar